Selasa, 26 Juni 2012

CERT, CIRT dan ID-SIRTII


CERT

CERT atau Computer Emergency Response Team adalah  nama yang diberikan kepada kelompok ahli yang menangani insiden keamanan komputer. Singkatnya tim kemanan jaringan yang biasanya dimiliki oleh suatu perusahaan atau lembaga. Tim ini biasanya melindungi data perusahaan dari serangan para hacker/cracker.

Di beberapa negara, mungkin ditemui bahwa CERT merupakan kepanjangan dari Computer Emergency Readiness Team, namun kedua instansi terbut sebenarnya memiliki tugas yang sama, hanya penamaan yang berbeda.

S-SIRT atau CIRT

C-SIRT atau Computer Security Incident Response Team sama dengan CERT, yaitu sebuah tim IT yang khusus menangani keamanan data sebuah lembaga atau institusi dari serangan-serangan di dunia maya. Security incident sendiri didefinisikan sebagai keadaan dimana sebuah entitas yang tidak berhak mendapat akses ke komputer, jaringan, atau data.

ID-SIRTII

Sedangkan ID-SIRTII atau Indonesia Security Incident Response Team of Internet Infrastructure adalah sebuah tim yang bertugas untuk menjaga keamanan informasi data di Indonesia, apalagi dari serangan cracker ataupun hacker yang banyak menyerang web dan server internet di Indonesia.  ID-SIRTII dibentuk pada tahun Tahun 2007, melalui Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 26/PER/M.KOMINFO/5/2007 tentang Pengamanan Pemanfaatan Jarinan Telekomunikasi berbasis Protokol Internet. Lokasi dari DI-SIRTII sendiri adalah http://idsirtii.or.id/

ID-SIRTII adalah guard yang pertama dan paling paling depan menghadapi serangan di dunia maya. Serangan itu bisa berupa Ddos, spam, hacking, carding atau botnet. Sedang CERT dan C-SIRT adalah tim serupa namun lingkup kerjanya hanya sebatas instansi atau perusahaan. Hampir setiap negara mempunyai instansi semacam ID-SIRTII, misalnya :
  • Jepang : JP-CERT  (Japan Computer Emergency Response Team)
  • Australia : AU_CERT (Australia computer emergency response team).

TUGAS ID-SIRTII

Tugas dari ID-SIRTII sendiri antara lain:

  • To monitor and early detection of internet networks incident in Indonesia.Atau dengan kata lain untuk memonitor dan mendeteksi secara dini akan insiden-insiden dalam jaringan di Indonesia. Jadi ID-SIRTIIberfungsi sebagai benteng pertahanan pertama terhadap serangan-serangan di dunia maya.
  • To store the evidence of Internet transaction on Secure Data Center. ID-SIRTII juga bertugas mengamankan segala transaksi elektronik, menyimpannya ke dalam secure data center. Untuk hal ini biasanya ID-SIRTII bekerja sama dengan instansi-instansi CERT dari masing-masing perusahaan. ID-SIRTII sebagai tembok penghalang pertama akan melaporkan setiap ada serangan berbahaya kepada CERT di setiap perusahaan, ISP, dan penyelenggara jasa internet. ID-SIRTII bekerja 24/7 dalam arti 24 jam selama  7 hari, selama 1 bulan dan selama 1 tahun.
  • To support the availability of Digital Forensic and Digital Evident for law enforcement process. ID-SIRTII juga berfungsi membantu kepolisian dalam menyelidiki kejahatan cyber. ID-SIRTII akan membuat forensik internet. mencari bukti kejahatan di internet dll
  • To be a Contact Center based on report of security distrubance of internet infrastructure (24/7) from the public. ID_SIRTII juga akan memantau traffic yang terjadi di indonesia, sehingga ketika ada traffic yang mencurigakan misal mendadak terjadi kenaikan traffic yang signifikan besarnya maka ID-SIRTII akan memberikan warning kepada ISP.
  • To provide services that include lab simulation, training, consultancy, and socialization.

Minggu, 17 Juni 2012

PayPal.....


Apa itu PayPal?
PayPal adalah jasa penengah atau biasa disebut dengan istilah “broker” paling populer di dunia saat ini untuk transaksi online. Paypal dapat di gunakan dalam berbagai transaksi seperti untuk bisnis online, jual beli barang, membeli software, menerima pembayaran dari pihak lain secara online. Paypal jauh lebih cepat dari pada cek atau money order. Lebih dari 99 juta pengguna internet lebih memilih PayPal untuk mengirim dan menerima uang. PayPal telah mendapatkan kepercayaan dan kenyamanan untuk transfer uang online, hampir 95% pembayaran eBay menggunakan PayPal. eBay sendiri menggunakan PayPal sebagai perantara pembayaran lelang online mereka.
Hari ini, PayPal telah menjadi alat pembayaran terbesar di dunia dengan lebih dari 153 juta account. PayPal dapat digunakan di 190 negara dan 17 mata uang yang berbeda di seluruh dunia. PayPal juga mendukung e-commerce global yang memungkinkan transaksi dengan lokasi, mata uang, dan bahasa yang berbeda di seluruh dunia.
Bagaimana PayPal Bekerja?

Image
  1. Pilih PayPal sewaktu check out di toko online di seluruh dunia atau, gunakan PayPal untuk mengirim uang dari 190 negara dan wilayah di seluruh dunia.
  2. Bayar secara aman dengan saldo PayPal, kartu kredit, atau rekening bank. Penerima akan mendapatkan uang tanpa melihat nomor kartu kredit atau rekening bank Anda.
  3. Penjual atau penerima dapat menarik dana dari rekening PayPal ke rekening bank atau kartu kredit. Atau, mereka dapat menggunakan saldo PayPal untuk membayar secara online.
Apa Manfaat PayPal?
  1. Lebih cepat dari cek. Pembayaran online dengan Pembayaran Sekaligus PayPal dilaksanakan secara instan. Anda tidak butuh lagi berkata “cek sudah dikirimkan.”

    1. Fleksibilitas bagi penerima. 
      Penerima pembayaran Anda dapat secara elektronis mentransfer uang mereka ke rekening giro, mengirim uang kepada teman, atau berbelanja online.
    2. Penyimpanan arsip yang sederhana. Meminimalkan pekerjaan administrasi akuntansi Anda dengan adanya riwayat transaksi terunduhkan. Merekonsiliasi pengecualian secara mudah dengan secara otomatis mengembalikan dana yang tidak diklaim.
    3. Tarif kompetitif. Biaya rendah hanya sebesar untuk jumlah pembayaran dengan batas sebesar (atau setara dalam mata uang pembayaran) dikenakan atas setiap pembayaran yang dilakukan dengan Pembayaran Sekaligus.
    Sumber :

Cyber Crime, what the fuuu was that?


Cyber Crime
Kejahatan dunia maya (Inggris: cybercrime) adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan. Termasuk ke dalam kejahatan dunia maya antara lain adalah penipuan lelang secara online, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit/carding, confidence fraud, penipuan identitas,pornografi anak, dll.
Walaupun kejahatan dunia maya atau cybercrime umumnya mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer sebagai unsur utamanya, istilah ini juga digunakan untuk kegiatan kejahatan tradisional di mana komputer atau jaringan komputer digunakan untuk mempermudah atau memungkinkan kejahatan itu terjadi.
Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai alat adalah spamming dan kejahatan terhadap hak cipta dan kekayaan intelektual. Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai sasarannya adalah akses ilegal (mengelabui kontrol akses), malware dan serangan DoS. Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai tempatnya adalah penipuan identitas. Sedangkan contoh kejahatan tradisional dengan komputer sebagai alatnya adalah pornografi anak dan judi online. Beberapa situs-situs penipuan berkedok judi online termasuk dalam sebuah situs yang merupakan situs kejahatan di dunia maya yang sedang dipantau oleh pihak kepolisian dengan pelanggaran pasal 303 KUHP tentang perjudian dan pasal 378 KUHP tentang penipuan berkedok permainan online dengan cara memaksa pemilik website tersebut untuk menutup website melalui metode DDOS website yang bersangkutan
Digital Signature
Digital Signature adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk meningkatkan keamanan jaringan. Digital Signature memiliki fungsi sebagai penanda pada data yang memastikan bahwa data tersebut adalah data yang sebenarnya (tidak ada yang berubah). Dengan begitu, Digital Signature dapat memenuhi setidaknya dua syarat keamanan jaringan, yaitu Authenticity dan Nonrepudiation.
Cara kerja Digital Signature adalah dengan memanfaatkan dua buah kunci, yaitu kunci publik dan kunci privat. Kunci publik digunakan untuk mengenkripsi data, sedangkan kunci privat digunakan untuk mendekripsi data. Pertama, dokumen di-hash dan menghasilkan Message Digest. Kemudian, Message Digest dienkripsi oleh kunci publik menjadi Digital Signature.
Untuk membuka Digital Signature tersebut diperlukan kunci privat. Bila data telah diubah oleh pihak luar, maka Digital Signature juga ikut berubah sehingga kunci privat yang ada tidak akan bisa membukanya. Ini merupakan salah satu syarat keaman jaringan, yaitu Authenticity. Artinya adalah, keaslian data dapat terjamin dari perubahan-perubahan yang dilakukan pihak luar.
Dengan cara yang sama, pengirim data tidak dapat menyangkal data yang telah dikirimkannya. Bila Digital Signature cocok dengan kunci privat yang dipegang oleh penerima data, maka dapat dipastikan bahwa pengirim adalah pemegang kunci privat yang sama. Ini berarti Digital Signature memenuhi salah satu syarat keamanan jaringan, yaitu Nonrepudiation atau non-penyangkalan.
Social Engineering
Social engineering adalah pemerolehan informasi atau maklumat rahasia dan sensitif dengan cara menipu pemilik informasi tersebut (Wikipedia.org). Pada dasarnya teknik ini memanfaatkan kelemahan sipengguna dalam hal ini manusia, karena saat ini secanggih apapun sistem komputasi tentunya masih membutuhkan campur tangan manusia. Social engineering juga merupakan salah satu cara yang digunakan hacker untuk mendapatkan informasi seputar kelemahan suatu sistem, tidak lain tujuannya adalah untuk mengambil alih suatu system. Telepon dan Internet merupakan media yang paling banyak dugunakan dalam teknik social engineering.
Facebook, YM, Twiter, email, dan Handphone adalah bentuk-bentuk dari teknologi informasi dan bukanlah hal asing lagi di jaman yang serba canggih seperti sekarang, malah bisa dibilang hal tersebut merupakan kebutuhan pokok. Terbesitkah dalam pikiran anda jika bentuk-bentuk aplikasi teknologi yang saya sebutkan dapat dijadikan media untuk melakukan social engineering ? mungkin saja, bisa saya asumsikan dengan contoh misal, tetangga anda berlangganan internet di salah satu provider interent. Anda mengetahui profile dan data diri tetangga anda, lalu anda berpura-pura menjadi salah satu costumer service provider internet tersebut, dengan cara menghubungi anda melalui telepon, tentunya dengan berbagai macam teknik dan pengetahuan  seputar costumer service sudah anda kuasai. Nah jika tetangga anda terjebak dan percaya bahwa anda adalah costumer service yang asli, maka dengan mudah anda dapat menanyakan seputar authentikasi, paket langganan layanan internet tetangga anda, seperti no IP, username dan password. Jika ini berhasil dilakukan maka bersiaplah merasakan keuntungan yang akan didapat dari social engineering yang dilakukan anda, tagihan internet tetangga anada bisa saja membengkak karena anda juga dapat mengakses sumber daya tersebut.  Keterangan d iatas sudah dapat dijadikan gambaran teknik social engineering dengan menggunkan telepon.
Dengan menggunakan teknologi internet kitapun dapat melakukan social engineering. Content social networking atau jejaring social seperti Facebook, YM, Twiter, dan email bisa dijadikan alat untuk melakukan social engineering. Misal anda mencurigai pacar anda itu adalah play boy atau play girl, dan anda ingin memastikan kebenaran tersebut. Sebelum itu, anda pasti harus mengenal sisi dunia para play boy dan play girl  misal, pinter gombal, mudah bergaul, dll. Berbekal dari informasi diatas tentunya anda sudah mendapat point penting untuk memastikan kecurigaan anda. Facebook, Twiter, YM, email, merupakan alat pembuktian anda.
Anda dapat membuat akun baru dari konten social networking d iatas dan merubah nomor ponsel anda, buatlah dengan nama orang lain yang berbeda, misal nama asli anda Siska buatlah account tersebut dengan nama Linda tentunya ini tidak akan mengundang kecurigaan orang yang akan kita mata-matai, apalagi account tersebut anda sisipkan foto wanita cantik. Berhubunganlah dengan orang yang anda curigai gunakanlah account samaran tersebut, manfaatkan sifat-sifat playboy atau play girl untuk mengorek keterangan sebenyak-banyaknya. Handphone menjadi alternatif kedua, dalam hal ini orang yang anda curigai akan memastikan bahwa akunt anda valid, yaitu dia akan melihat profile account anda termasuk no handphone yang tercantum. Setelah orang yang anda curigai memastikan kebenaran acoount dan no handphone anda, dan dia meyakininya. biasanya orang yang anda curigai tak segan untuk menelpon dan sms, untuk sms tidak masalah, lalu jika dia menelepon anda ke nomor yang sudah anda ganti dan dan anda takut dia mengenali suara anda, ini sangat mudah, pada saat anda berbicara lapisi telepon anda dengan sapu tangan yang transparan lalu volume telepon anda bisa anda kecilkan atau anda naikan. Buatlah sesamar mungkin suara anda, cara ini banyak menjamin keberhasilan. Mintalah dia agar mau melakukan copy darat dengan anda. Nah setelah anda copy darat dengan dia anda bebas untuk melakukan apa saja termasuk memarahi pacar anda sendiri.
Hack dan Crack
Hack adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok,bertujuan untuk melindungi ataupun mendapatkan data-data penting yang diinginkan dengan tujuan baik. 
Crack adalah kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok,bertujuan untuk mendapatkan data-data penting yang diinginkan dengan cara yang bersifat merusak,mencuri,serta merugikan orang lain.
Hacker dan Cracker
Hacker
  1. mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs.
  2. mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.
  3. seorang hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.
  4. seorang hacker akan selalu memperdalam ilmunya dan memperbanyak pemahaman tentang sistem operasi.
Cracker



  • mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan.
  • bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak
  • mempunyai situs atau channel dalam IRC yang tersembunyi,hanya orang-orang tertentu yang  dapat mengaksesnya.
  • mempunyai IP yang tidak bisa dilacak
  • kasus yang paling sering adalah carding atau pencurian kartu kredit,kemudian pembobolan situs dan mengubah isinya menjadi berantakan.
  • Selasa, 05 Juni 2012

    emulator-emulator game jadul :)

    gue yakin banyak orang yang suka dan kangeeennn banget sama game-game dari console-console yang jadul kayak sega, nintendo nds, gameboy dll
    nah sekarang susah tu dapetin yang beginian, salah satu cara yg paling simpel buat mainin game-game jadul kayak dulu adalah download emulatornya
    berikut gue kasi daftar link buat download emulatornya guys!

    1. Gameboy advance


    ini yang paling gue senengin, secara dulu pas masih bocah gue kagak dibeliin gba huhu
    stabil banget buat semua spec pc atau laptop dah
    dijamin puas,
    game Pokemon disini...... dewa!!!

    2. Nintendo Entertainment System (NES)


    buat yang suka game tahun 1980an jangan ngelewatin emulator yang ini,
    sumpah nostalgik banget mainin super mario bros sama contra!!


    3. Super Nintendo Entertainment System (SNES)


    ini salah satu console game terbaik menurut gue, untuk tahun 1990an spesimen gambar luar biasa plus dengan tambahan game-game yang menakjubkan dan world seller kayak Legend of Zelda sama Chrono Trigger, emulator ini wajib punya
    wajib!!


    4. Sega Entertainment System


    dah pasti tau lah console yang satu ini, banyak game-game klasik kayak TMNT, Bomberman, dan yang paling legend, Sonic the Hedgehog, emulator ini pas banget buat ngobatin rasa rindu sama sega
    plus keuntungannya semua game sega mulai dari jaman Master System sampe Sega Saturn bisa dimainin di emulator ini,
    donlod gih!!


    5. Playstation


    buat lo lo pada yang kagak tau console game ini jangan ngaku game mania lo!!
    ini yang paling legend dari semua legend, Playstation 1 !!!
    dengan ribuan game yang maknyus dari mulai game olahraga kayak Winning Eleven (legend banget) sampe yang RPG kayak Final Fantasy (tactics, VII, VIII, IX) semua bisa lo mainin disini fuuuuhh
    ga usah banyak cerita langsung aja lo donlod!
    stabil untuk semua spesimen pc maupun laptop lo



    semua daftar emulator yang gue kasi itu berjalan bagus disemua pc sama laptop, so ga usah khawatir bro!
    buat prosedur cara maininnya dapat lebih lengkap diliat di link-link dibawah
    sebenarnya gampang-gampang kok lek, biar maknyus liatin aja linknya hehe

    nah buat mainin tuh emulator lo perlu game-game nya dong, bentuknya iso atau lu mau burn cd nya terserah lo
    buat download iso game ada beberapa situs bagus lek
    ni dia 

    nah situs-situs diatas juga jelasin banyak soal emulator bro,masuk aja kalau ada pertanyaan seputar emulator and game-game jadul

    ya akhir kata, selamat bernostalgia dan selamat nge-game!!!



    Selasa, 22 Mei 2012

    Belajar Hadapi Masalah

    Belum ada post yang benar-benar dari tulisan tangan sendiri, baru ini yang pertama -_-
    kisah yang akan gue bagi hari ini adalah .............ya lo tinggal baca judulnya aja lek -_-
    Hadapi Masalah!


    banyak orang yang anggap sepele nyelesain masalah-masalah yang mereka hadapi, bahkan banyak yang gak nyelesain sama sekali! hell yeah.
    well, mencoba bijak ya pasti semua orang enak bilang 'selesain masalahnya yaa, semangat!' *biasanya kata-kata disamping muncul via sms, bbm, twitter dll. hell yeah.*
    'ga gampang nyelesain masalah seenak jidat lo aja ngomongnya, pelik ini pelik!!' *respon normal* **dalam hati**
    'iyaa makasih yaaaa :)' *respon via sms, bbm, twitter dll.*


    yaa ga gampang emang beresin masalah, tapi ya mesti usaha kan?
    ni masalah menurut wikipedia  : 


    "Masalah (bahasa Inggris: problem) kata yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan yang bersumber dari hubungan antara dua faktor atau lebih yang menghasilkan situasi yang membingungkan. "


    dari apa yang di bilang wikipedia udah jelas kalo masalah itu asalnya dari 'hubungan antara dua faktor atau lebih', nah so pasti biar masalah elo-elo pada selesai, kudu dicari faktor penyebabnya apa.
    nah dari sekian banyak faktor-faktor penyebab masalah, yang paling sering muncul atau jadi penyebab adalah faktor HATI.
    bukan organ tubuh coy, hati, tau hati kan lo? setdah, itu tu yang sering nusuk padahal ga ada kontak fisik, yang sering terasa terbakar, yang sering terasa sunyi sepi gundah....


    stop.


    masalah itu datangnya dari hati, enough said. Kita bilang ini itu jadi masalah karena kita masukin dalam hati dan kita pikirin secara berlebih-lebihan.
    kalau udah hati bilang susah, jadi susah. kalau hati bilang bisa, jadi bisa.


    contoh ni ye, ga usah jauh-jauh.
    pas kuliah ni ya, pasti ada temen lo yang sibuk pagi-pagi pada ributin tugas yang mau dikumpulin, katanya dosennya minta ditulis pake ukuran font 12, ada yang bilang 11 -geje bet dosennya- dan lain-lain pokoknya yang bikin kerjaan lo seakan ga sempurna. Nah di saat-saat yang kayak gini lo perhatiin deh, pasti ada temen lo yang tetep adem ayem duduk di kursinya sambil dengerin lagu di hp nya, ada yang ketawa-ketiwi geje, ada yang mainin laptop dll ya gak?
    see?
    bagi mereka yang pada santai, ukuran font, kertas dll itu gak penting sekarang, gak masalah lagi.
    mungkin dalam kepala mereka mikir 'bodo amat yang penting gue dah kelar nih tinggal kumpul, bener apa kagak urusan belakang'
    ya apa yang bagi kita masalah belum tentu bagi orang lain masalah
    dan apa yang bagi orang lain masalah belum tentu masalah bagi kita


    hati coy hatii, tau hati kan lo? setdah, itu tu yang sering nusuk padahal ga ada kontak fisik, yang sering terasa terbakar, yang sering terasa sunyi sepi gundah....


    stop.


    nah jadi solusinya apaan?
    sabar dong ni baru mau ditulis setdah,
    setiap solusi bagi setiap masalah kalau menurut gue tu sama aja,


    yang pertama, determinasi,
    lu butuh determinasi buat nyelesain setiap masalah lo, jangan ditinggalin gitu aja, selesain sampe kelar.lar.lar
    enakan ngomong emang dari ngelakuinnya, emang bener, tapi kalau lo pikir lagi dari pada gak ngelakuin apa-apa mending mencoba kan??




    yang kedua, pikiran, kepala, hati sinkronisasikan supaya satu arah dan tujuan,
    caranya? simpel aja, bersikap tenang.
    jangan pernah buat keputusan saat marah dan jangan pernah buat janji saat lagi seneng banget, camkan itu lek.


    yang ketiga, terakhir
    doa
    yang ini jauh lebih simpel, saat semua udah lo lakuin, berdoalah pada Tuhan
    mohon pada-Nya untuk memudahkan segala urusan mu :)


    akhir kata, semua masalah ada jalan keluarnya jadi jangan berhenti berusaha.
    kita sebagai manusia ga ada yang sempurna, jadi belajarlah hidup dengan kekuranganmu, dan memaklumi kekurangan orang lain.
    jangan memaksakan orang jadi seperti apa yang lo mau, hidup dengan cara pandangan lo sendiri dan jadiin hidup lo lebih berharga dengan saling menghargai dan bersyukur


    sekian dari gue, moga bermanfaat, hell yeah :)



    Jumat, 20 April 2012

    Asal usul nama Indonesia


    Asal usul nama Indonesia – Nama Indoneisa untuk pertama kalinya muncul di dunia yaitu terdapat pada tulisan James Richardson Logan halaman 254 (1819-1869). Mr. Earl suggests the ethnographical term Indunesian, but rejects it in favour of Malayunesian. I prefer the purely geographical term Indonesia, which is merely a shorter synonym for the Indian Islands or the Indian Archipelago. Logan adalah orang Skotlandia yang meraih sarjana hukum dari Universitas Edinburgh. Pada saat mengusulkan nama Indonesia Logan tidak menyadari dan tidak menduga ternyata nama Indonesia itu menjadi nama bangsa dan Negara yang mana jumlah penduduknya merupakan peringkat keempat terbesar di dunia. Dari situlah James Richardson Logan secara konsisten menggunakan nama Indonesia dalam karya ilmiahnya, dan dengan seiring perjalanannya waktu pemakaian nama Indonesia menyebar di kalangan para ilmuwan bidang etnologi dan geografi. Inilah yang menjadi titik awal mula nama Indonesia di dunia.
    Pada tahun 1884 guru besar etnologi di Universitas Berlin yang bernama Adolf Bastian (1826-1905) menerbitkan buku Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipel sebanyak lima volume, yang memuat hasil penelitiannya ketika mengembara ke tanah air kita tahun 1864 sampai 1880. Buku Bastian inilah yang memopulerkan istilah Indonesia di kalangan sarjana Belanda, sehingga sempat timbul anggapan bahwa istilah Indonesia itu ciptaan Bastian. Pendapat yang tidak benar itu, antara lain tercantum dalam Encyclopedie van Nederlandsch-Indie tahun 1918. Padahal Bastian mengambil istilah Indonesia itu dari tulisan-tulisan Logan.
    Putra ibu pertiwi yang mula-mula menggunakan istilah Indonesia adalah Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara). Ketika di buang ke negeri Belanda tahun 1913 beliau mendirikan sebuah biro pers dengan nama Indonesische Pers-bureau.
    Pada dasawarsa 1920-an, nama Indonesia yang merupakan istilah ilmiah dalam etnologi dan geografi itu diambil alih oleh tokoh-tokoh pergerakan kemerdekaan tanah air kita, sehingga nama Indonesia akhirnya memiliki makna politis, yaitu identitas suatu bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan! Akibatnya pemerintah Belanda mulai curiga dan waspada terhadap pemakaian kata ciptaan Logan itu.
    Bung Hatta menegaskan dalam tulisannya, Negara Indonesia Merdeka yang akan datang (de toekomstige vrije Indonesische staat) mustahil disebut -Hindia Belanda-. Juga tidak -Hindia- saja, sebab dapat menimbulkan kekeliruan dengan India yang asli. Bagi kami nama Indonesia menyatakan suatu tujuan politik (een politiek doel), karena melambangkan dan mencita-citakan suatu tanah air di masa depan, dan untuk mewujudkannya tiap orang Indonesia (Indonesier) akan berusaha dengan segala tenaga dan kemampuannya.
    Sementara itu, di tanah air Dr. Sutomo mendirikan Indonesische Studie Club pada tahun 1924. Tahun itu juga Perserikatan Komunis Hindia berganti nama menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI). Lalu pada tahun 1925 Jong Islamieten Bond membentuk kepanduan Nationaal Indonesische Padvinderij (Natipij). Itulah tiga organisasi di tanah air yang mula-mula menggunakan nama Indonesia. Akhirnya nama Indonesia dinobatkan sebagai nama tanah air, bangsa dan bahasa kita pada Kerapatan Pemoeda-Pemoedi Indonesia tanggal 28 Oktober 1928, yang kini kita sebut Sumpah Pemuda.
    Pada bulan Agustus 1939 tiga orang anggota Volksraad (Dewan Rakyat, DPR zaman Belanda), Muhammad Husni Thamrin, Wiwoho Purbohadidjojo, dan Sutardjo Kartohadikusumo, mengajukan mosi kepada Pemerintah Belanda agar nama Indonesia diresmikan sebagai pengganti nama Nederlandsch-Indie. Tetapi Belanda keras kepala sehingga mosi ini ditolak mentah-mentah.
    Maka kehendak Allah pun berlaku. Dengan jatuhnya tanah air kita ke tangan Jepang pada tanggal 8 Maret 1942, lenyaplah nama Hindia Belanda untuk selama-lamanya. Lalu pada tanggal 17 Agustus 1945, atas berkat rahmat Allah Yang Mahakuasa, lahirlah Republik Indonesia.
    Penjelasan Singkat:
    Mengenai Logan. Namanya: James Richardson Logan (1819-1869). Dia adalah orang Skotlandia yang meraih sarjana hukum dari Universitas Edinburgh.
    Dia cuma seorang pengelola majalah ilmiah tahunan, Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA); yang diterbitkan di singapura pada 1847.
    Orang yang lebih arif mengenai Indonesia & kawasan di mana Indonesia itu berada adalah, George Samuel Windsor Earl (1813-1865).
    Dia adalah seorang ahli etnologi bangsa Inggris. Pada tahun 1849, dia mengajukan dua pilihan nama: Indunesia atau Malayunesia (nesos dalam bahasa Yunani berarti pulau).
    Pada halaman 71 artikelnya itu tertulis: …the inhabitants of the Indian Archipelago or Malayan Archipelago would become respectively Indunesians or Malayunesians.
    Earl sendiri menyatakan memilih nama Malayunesia (Kepulauan Melayu) daripada Indunesia (Kepulauan Hindia), sebab Malayunesia sangat tepat untuk ras Melayu, sedangkan Indunesia bisa juga digunakan untuk Ceylon (Srilanka) dan Maldives (Maladewa). Lagi pula, kata Earl, bukankah bahasa Melayu dipakai di seluruh kepulauan ini? Dalam tulisannya itu Earl memang menggunakan istilah Malayunesia dan tidak memakai istilah Indunesia.

    sumber : duniabaca.com


    Rabu, 18 April 2012

    TUGAS FLOWCHART SIMKEU

    Pengertian awal
    Algoritma atau algoritme merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir.
    Flowchart merupakan sebuah diagram dengan simbol-simbol grafis yang menyatakan tipe operasi program yang berbeda.Sebagai representasi dari sebuah program, flowchart maupun algoritma dapat menjadi alat bantu untuk memudahkan perancangan alur urutan logika suatu program, memudahkan pelacakkan sumber kesalahan program, dan alat untuk menerangkan logika


    SOAL : Buat Algoritma dan Flowchart USM STAN


    Berikut adalah Algoritma dari proses seleksi masuk STAN :
    1. Peserta memasuki ruang ujian
    2. Pengawas membagikan soal ujian dan lembar jawaban
    3. Peserta mengisi identitas diri dan nomor peserta ujian pada lembar jawaban
    4. Peserta mengerjakan soal ujian
    5. Jika terdapat peserta yang berlaku curang selama ujian berlangsung, maka peserta langsung dinyatakan tidak lulus
    6. Jika waktu mengerjakan soal ujian telah habis, pengawas mengumpulkan lembar jawaban setiap peserta
    7. Lembar jawaban diperiksa oleh tim pemeriksa
    8. Kelulusan ditentukan nilai rata-rata USM harus >= 7.5 khusus untuk bahasa Indonesia harus >= 7 dan berada di peringkat 1000 besar berdasarkan hasil ujian seleksi
    Berikut Flowchartnya